Skip to content

Bouraq

January 13, 2011

Saya akrab dengan sosok ini. Di daerah saya dulu, sosok ini tampil dalam poster-poster atau fotokopian buram yang ditempel di dinding-dinding rumah. Saya juga pernah melihat sosok ini dalam berbagai variasi wajah dan warna dalam banyak lukisan kaca, ketika dulu menemani Jerome Samuel, yang meneliti topik lukisan kaca di Jawa pada pertengahan abad lalu.

Menurut cerita, tubuh kuda bersayap dengan wajah perempuan ini adalah Bouraq (pasti akan mengingatkan nama perusahaan penerbangan!), yang diyakini membawa Nabi Muhammad terbang dalam peristiwa Isra Mikraj dari Masjid al-Haram (Makkah) ke Masjid Aqsa (Jerusalem). Bouraq sendiri berasal dari kata ‘barq’ yang berarti ‘kilat’.

Kemarin saya agak terkejut karena melihat sosok ini dalam bentuk patung dengan delapan payung di tengah-tengah kota Padang Pariaman. Barangkali inilah satu-satunya patung Bouraq di Indonesia, bahkan di dunia. Di Iran pun, basis kaum Syi’ah, tempat kepercayaan pada Bouraq ini berasal, setahu saya, tidak ada patung ini.

Ya, kepercayaan pada Bouraq inilah salah satu yang menunjukkan bukti bahwa beberapa abad lalu, Islam Syi’ah pernah menancapkan pengaruhnya di Nusantara. Di Pariaman sendiri, diyakini pada abad 19 kuat pengaruh Syi’ah ini. Jejaknya adalah upacara Tabuik yang masih berlangsung hingga kini, yang merupakan peringatan peristiwa Qarbala. Sekarang Padang Pariaman menyebut diri sebagai ‘Kota Tabuik’. Selain itu, juga ada acara ‘basapa’ yang berpusat di Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan, seorang mursyid tarekat Syamani’ah, murid dari Syeikh Abdurrahman Singkel. Besok saya akan menyempatkan ke makam mursyid tarekat yang legendaris ini…

From → Gerundelan

One Comment
  1. ada gak gambar BURAQ yang asli…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: